Kata Bijak

Kata Kata Bijak Sunda Singkat Penuh Makna

Written by Messy April · 8 min read >
kata bijak sunda singkat penuh makna sebagai motivasi kehidupan sehari-hari

Saat merasa sedih dan menghadapi masalah, tentu kita akan mencoba untuk mencari motivasi demi meningkatkan semangat. Biasanya orang akan membaca kata-kata bijak singkat bermakna mendalam untuk mendapatkan pencerahan. Ada banyak sekali kata bijak dalam berbagai bahasa dan salah satunya adalah kata kata bijak Sunda singkat penuh makna.

kata kata bijak sunda singkat penuh makna mulai dari kata cinta hingga kata-kata lucu

Bahasa Sunda yang biasa dipakai di Jawa Barat memang memiliki daya tarik sendiri dimana dialek dan intonasi bahasa ini halus serta unik. Sehingga banyak orang mulai tertarik untuk mempelejari bahasa ini. Nah, dalam kata bijak Bahasa Sunda tentu kalian akan banyak mendapat pelajaran kehidupan dan cinta yang bisa kalian jadikan pedoman sehari-hari.

Kata Bijak Motivasi Bahasa Sunda

Kata-kata Sunda Cinta

Kata Mutiara Sunda Romantis dan Artinya

Kata-kata Sindiran Bahasa Sunda Halu dan Kasar Beserta Artinya

Kata-kata Sunda Lucu Pisan

Kata Bijak Motivasi Bahasa Sunda

Jika kalian sedang mencari kata kata bijak sunda singkat penuh makna untuk dijadikan motivasi kehidupan sehari-hari, di bawah ini ada beberapa kata bijak Bahasa Sunda yang akan membuat kalian jauh lebih termotivasi saat menghadapi masa sulit.

 Tetep seuri sanajan hate nalangsa adalah ciri-ciri jalma anu hebat tur kuat.

Tetap tersenyum meskipun hatinya sedang bersedih adalah ciri-ciri dari orang yang hebat dan kuat.

Mun teu ngopek moal nyapek, mun teu ngakal moal ngakeul, mun teu ngarah moal ngarih.

Agar menjadi bisa, kita harus terus mencari tahu dan belajar tentang suatu hal tersebut.

Cai karacak ninggang batu laun laun jadi dekok.

Harus punya tekad dan semangat yang pantang mundur.

Sanajan teu lumpat, tapi ulah cicing.

Biarpun tidak berlari, tapi janganlah diam.

Jaga kalakuan anjeun, ulah sombong pikeun kakuatan, jabatan atanapi kasang tukang saha anjeun.

Jagalah selalu kelakuanmu, jangan sombong atas kekuatan, kedudukan atau latar belakang siapa dirimu.

Jalmi tiasa suksés, margi gaduh seuéur cara. Sedéngkeun jalmi anu gagal, margi anjeunna gaduh seuéur téuing alésan.

Orang bisa sukses karena punya banyak cara. Sedangkan orang yang gagal karena dia punya banyak sekali alasan.

Saban masalah anu dongkap ayeuna, sanes kanggo ngalabuhkeun, nanging kanggo nguji sabaraha kuat salira tiasa nahana.

Setiap masalah yang datang sekarang, bukan untuk menjatuhkan, tetapi untuk menguji seberapa kuat kita bisa menahannya.

Aya kahayang bari jeung teu dibarengan ku usaha mah sarua jeung ngabodor.

Punya keinginan tapi sambil tidak disertai dengan usaha sama saja dengan bercanda.

Baca Juga : Kata Bijak Idul Fitri 2021 Terbaru dan Terlengkap

Bobot pangayun timbang taraju.

Apa yang akan kita lakukan harus dipertimbangkan terlebih dahulu.

Sagala masalah nu dongkap ayeuna, sanes kanggo ngalabuhkeun anjen, nanging eta kanggo nguji sabaraha kuat anjen tiasa nahana.

Semua masalah yang datang hari ini, bukanlah untuk menjatuhkan kalian, melainkan untuk menguji seberapa kuat kalian bisa menahannya.

Ulah ngarasa nalangsa kusabab ngarasa sorangan. Tingali bulan, anjeunna ogé sorangan nanging anggeur katémbong masihan cahyana.

Jangan merasa sedih karena merasa sendiri. Lihat rembulan, dia juga sendiri namun tetap memberi cahayanya.

Hirupmah heuheuy jeung deudeuh, lamun teu heuheuy nya deudeuh.

Hidup ini antara bahagia dan sedih, kalau tidak bahagia ya sedih.

Hirup ieu kedah dimimitian ku kalawan du’a sarta ditutup ku rasa sukur.

Hidup haruslah dimulai dengan doa serta diakhiri dengan rasa syukur.

Kata-kata Sunda Cinta

Tidak lengkap rasanya jika tidak membicarakan kata cinta saat membahas Bahasa Sunda. Kumpulan kata kata cinta Sunda ini bisa kalian berikan kepada pasangan agar membuat hubungan kalian lebih kuat dan rukun.

Hatiku bukanlah sangu sesa yang bisa kau remehkan.

Hatiku bukanlah nasi sisa yang bisa kau remehkan.

Nyaahna aa ka neg teh jiga tukang bank keur nagih hutang (hayoh mumuntil).

Cintaku sama kamu laksana tukang bank yang lagi nagih utang (ngikutin terus).

Ulah patah semangat usaha teh, inget cicileun masih panyang.

Jangan patah semangat terus berusaha, inget cicilan masih panjang.

Baca Juga : Kata Bijak Keluarga Kecil untuk Membangun Keluarga Harmonis

Tong sok ngaulinkeun hate aing atuh euy da lain cocooan atuh.

Jangan suka permainin hati aku dong, hati aku kan bukan mainan.

Pasti peurih sih lamun diputuskeun teh, komo deui lamun diputuskeunna sabab direbut babaturan sorangan.

Pasti perih kalau diputusin cinta. Apalagi kalau putusnya karena direbut kawan sendiri.

Suatu saat akan kau sadari bahwa aing adalah permata yang kau piceun.

Suatu saat akan kau sadari bahwa gue adalah permata yang kau buang.

Kenangan endah keur babarengan jeung anjeun ek tuluy diinget-inget nepi ka poho.

Kenangan indah saat bersama denganmu akan terus diingat-ingat sampai lupa

Cinta nu tulus bersih liribarat kaen sutra nu anyar dikeueuman tujuh poe tujuh peuting, sanajan ceuk batur bau tapi ceuk nu resepmah nu penting bersih tur enak ka tempona.

Cinta yang tulus itu ibarat kain sutra yang direndam 7 hari tujuh malam. Meskipun kata teman abu, tapi menurut cinta yang penting bersih dan enak dipandang.

Kata Mutiara Sunda Romantis dan Artinya

Apakah kalian sedang mencari kata mutiara romantis dalam bahasa Sunda untuk membuat pasangan kalian merasa bahagia? Kata-kata bijak Sunda singkat penuh makna romantis ini akan sangat berguna bagi kalian yang sedang dimabuk cinta.

Pami cinta tos melekat, tai ucing karasa nikmat siga coklat.

Jika cinta sudah melekat, tahi kucing terasa nikmat bagai coklat.

Tenang weh neng, da cinta akang mah siga lagu Kerispatih. Tak lekang oleh waktu.

Tenang saja, cinta akang tuh seperti lagu Kerispatih. Tak lekang oleh waktu.

Ulah ceurik jeung terus ngarasa sedih ka manehna anu tos ninggalkeun anjeun. Sabab, kadang-kadang urang kudu rela kaleungitan jalma anu ku urang pikanyaah supaya datang nu lewih hade.

Jangan menangis dan terus merasa sedih padanya yang telah meninggalkanmu. Sebab, terkadang kita harus rela kehilangan orang yang kita cintai agar bisa menjadi lebih baik.

Pohokeun kenangan pait nu harita, ulah ngarasa sieun ngalewatan poe ayena. Lakukeun anu paling alus ayena. Berjuang pikeun manehna anu ku anjeun pikaresep.

Lupakan kenangan pahit masa lalu, jangan merasa takut untuk melewati hari. Lakukan yang terbaik yang kamu bisa. Berjuang untuk dia yang kamu suka.

Moal tangtos awewe nu ku urang resep eta manehanna moal bakalan nyieun nyeuri hate ka urang. Kadang-kadang manehana nu sering ngalakukeun eta teh.

Tidak pasti bahwa wanita yang kita sukai tidak akan membuat kita tertawa. Terkadang dia sering melakukannya.

Urang moal bakalan bisa hirup sorangan, butuh bantuan jalmi anu sejen. Jadi, pastikeun jalmi eta teh nu bisa ku urang andelkeun.

Kami tidak akan bisa hidup sendiri, kami membutuhkan bantuan orang lain. Jadi, pastikan orang itu yang bisa kita andalkan.

Hate lamun tos dipinuhan ku rasa cinta jeung pikanyaah, bisa ngajadikeun rasa cinta anu tulus, jeung ikhlas pikeun lewih peduli ka sasama.

Benci bila diisi dengan cinta dan kasih sayang, bisa membuat cinta yang tulus, dan ikhlas lebih peduli pada sesama.

Kasabaran kuring aya batasna, tapi cinta kuring ka anjeun teu aya beakna.

Kesabaranku ada batasnya, tetapi cintaku padamu tidak ada habisnya.

Panceg hiji hate. Ulah ingkah, lamun urang tara barang bere.

Tetap satu hati. Jangan pergi walau aku nggak pernah ngasih sesuatu.

Namun abdi tiasa, abdi hayang nulis ngaran anjeun dina langit-langit nu loba bentangna nu endah itu, supaya kabeh jalma bisa nyaho eta gede pisan rasa pikanyaah abdi ka anjeun.

Sebisa mungkin, aku ingin menulis namamu sebanyak-banyaknya di langit yang indah, sehingga semua orang bisa tahu betapa aku mencintaimu.

Rasa cinta nyaeta anugrah nu paling endah, tapi mun misalkeun urang reseup ka hiji jalmi, teras ulah ngarasa hayang ngabogaan nana, tapi usahakan jieun manehna supaya bisa betah mun aya disisi urang.

Cinta adalah hadiah yang paling indah, tetapi untuk mengatakan bahwa kita tertarik pada seseorang, daripada merasa perlu memilikinya, cobalah untuk membuatnya merasa betah bersama kita.

Jagaan rasa cinta nu ku anjeun boga ayena. Sabab, cinta ibaratkeun jantung. Anjeun moal pernah bisa nyaho iraha eren na.

Jagalah cinta yang kamu miliki. Sebab cinta itu seperti jantung, kamu tidak akan pernah tahu kapan berhenti berdetak.

Abdi lain jalmi anu sempurna pikeun anjeun, jeung lain oge anu paling alus pikeun anjeun. Tapi anu pasti, abdi nyaeta jalmi hiji-hijina anu terus inget ka anjeun.

Aku bukan orang yang sempurna untukmu, dan juga bukan yang terbaik untukmu. Tapi yang pasti, aku satu-satunya orang yang selalu mengingatmu.

Tilu kata ka ungkap dina jero hate. Ngan lewat tulisan ieu abdi bade tuliskeun bahwa abdi Bogoh ka anjeun. 

Ada tiga kata yang dalam hatiku yang ingin kuungkapkan. Melalui tulisan ini aku akan menulis bahwa aku mencintaimu.

Kagagalan tina hiji hubungan cinta nyaeta hal anu biasa. Wanci urang bisa bangkit tina kagagalan, eta tandana urang bisa jadi jalma anu luar biasa. 

Kegagalan dalam hubungan cinta adalah hal yang sangat umum. Kita bisa bangkit dari kegagalan, yang berarti kita bisa menjadi orang yang luar biasa.

Cinta henteu terus datang tina titingalian mata hungkul. Kadang rasa cinta oge datang tina ayana rasa tulus tina jero hate, jadi percayakeun ka hate anjeun sorangan.

Perasaan cinta tidak selalu datang dari tatapan mata saja. Terkadang, cinta juga datang dari hati yang tulus, jadi percayalah pada hatimu sendiri.

Abdi ngarepkeun waktosna tiasa uih deui. Abdi hoyong mendakan anjeun langkung gancang sareng cinta anjeun langkung lami.

Aku berharap bisa memutar balik waktu. Aku ingin menemukanmu lebih cepat dan lebih lama mencintaimu.

Anjeun salawasna kahiji sareng terakhir dina hate kuring. Dimana wae kuring angkat, naon anu kuring lakukeun, kuring salawasna mikir anjeun.

Kamu selalu menjadi yang pertama dan terakhir di hatiku. Ke mana pun aku pergi, apa yang aku lakukan, aku selalu memikirkanmu.

Asih tiasa mandiri, dina rasa anu loma sareng saratna.

Cinta bisa tidak mementingkan diri sendiri, dalam arti menjadi murah hati tanpa pamrih.

Kata-kata Sindiran Bahasa Sunda Halu dan Kasar Beserta Artinya

Menyadarkan orang memang terkadang perlu dengan kata-kata sindiran agar mereka bisa menyadari kesalahannya. Kata sindiran bahasa Sunda sangat cocok kalian ucapkan kepada teman maupun saudara yang sudah bertindak keterlaluan.

Abdimah ngarumaoskeun jalmi alit, teu wararantun teuing kedah mikacinta ka anjeun anu luhur harkat sareng darajat.

Saya tahu diri jadi wong cilik, mana berani jatuh cinta pada kamu yang tinggi derajat dan martabat.

Nu sok lalawora kana késang baturmah embungeun dihargaan.

Orang yang suka menganggap enteng keringat orang mungkin dia tidak mau dihargai.

Jelema pinter kadang sok ngarasa bener padahal kabalinger.

Orang pintar kadang suka merasa benar padahal keblinger.

Baca Juga : Kumpulan Kata Bijak untuk Orang Munafik Sebagai Sindiran

Tong asa aing uyah kidul da moal cicing di luhur salilana. 

Jangan sombong sebab tidak akan selamanya sukses/menjabat/kaya.

Anu bru di juru bo di panto ngalayah di tengah imah moal moal daekeun dibéré bansos. 

Orang yang segala ada/kaya, tidak akan mau dikasis bansos.

Suganmah tungkultéh ngabandungan sihoréng nundutan, maklum capé tos tahajud.

Dikira nunduk itu mendengarkan, ternyata tidur. Maklum cape sudah tahajud.

Lalaki sajati mah tara ngomongkeun tukangeun atawa ngadukeun batur.

Lelaki sejati tak pernah ngomongin atau ngadu domba orang.

Lobakeun duit meh loba dulur.

Perbanyaklah uang biar banyak saudara (biasanya menyindir orang/saudara yang mata duitan).

Jangjinamah meni kareueut kawas peueut ari buktina pait alabatan batrawali.

Janjinya sangat manis, tapi buktinya tidak sesuai perkataan.

Nu hianat mah hiji waktu ogé bakal aya nu ngahianatan deui.

Pengkhianat suatu saat akan dikhianati orang.

Kata-kata Sunda Lucu Pisan

Kata-kata bijak Sunda singkat penuh makna dan lucu ini sangat cocok kalian jadikan status maupun caption foto di media sosial. Meskipun hanya kata-kata sederhana, namun bisa membantu kalian untuk membangkitkan semangat yang sedang suntuk karena rutinitas.

Jodoh emang moal kamana. Tapi, saingan di mana-mana.

Jodoh emang nggak akan ke mana-mana. Tapi, saingan di mana-mana.

Mulai sekaran, abdi mau nambulan semen biar strong.

Mulai sekarang aku mau ngemil semen biar kuat.

Wanita lebih memilih laki-laki goreng patut daripada laki-laki goreng milik.

Wanita lebih memilih laki-laki dengan wajah jelek daripada laki-laki dengan rezeki yang jelek

Cinta sia mah palsu, paling alus oge KW super eweuh nu orisinilan.

Cinta kamu itu palsu, paling bagus juga KW super alias nggak ada yang bener-bener.

Hirup itu harus loba seuri, iar kalihatannya teh bagja alias senang. Meskipun mah hate keur notog titajong boleksek.

Hidup itu harus banyak tertawa agar terlihat bahagia atau senang. Meskipun hati dalam keadaan gundah

Abdi mah jalmina cicingeun, upami nyalira da jarang ngobrol.

Aku mah orangnya pendiem, kalau lagi sendiri juga jarang ngobrol.

Tong sok ngaulinkeun hate aing atuh euy da lain cocooan atuh.

Jangan suka permainin hati aku dong, hati aku kan bukan mainan.

 Nu ngarana hirup mah loba cobaan. Mun loba saweran eta ngarana dangdutan.

Yang namanya hidup mah banyak cobaannya. Kalo banyak saweran, itu namanya dangdutan.

Bisa teh karena biasa, urang moal bisa ngangeuskeun masalah lamun teu biasa keuna masalah.

Bisa itu karena biasa, kita enggak akan bisa menyelesaikan masalah kalau tidak biasa kena masalah.

Lur inget hirup mah teu bisa sagala instant. Mun haying instant ninyuh sarimi weh.

Sobat ingat hidup itu enggak bisa instant. Kalau mau serba instant seduh mie aja.

Jadi pamuda ulah sok meok samemeh di pacok.

Jadi pemuda itu jangan menyerah sebelum bertarung.

Lamun ngobrol sing ngareunaheun atuh lah bisi di tamasak ku oli gera.

Kalau ngobrol yang bagus dong, aku cuci muka kamu pake oli nanti.

Sanajan urang jalma teu boga, tapi urang usaha. Daripada maneh jalma boga tapi menta ka bapa.

Biarpun aku orang nggak punya, tapi aku usaha. Daripada kamu orang kaya, tapi minta sama bapak.

Ulah sok ngomongkeun lamun teu bisa nyieun nu leuwih alus mah.

 Jangan banyak omong kalau tidak bisa membuat yang lebih bagus.

Tong eureun-eureun usaha sabab usaha tara ngabohongan hasil.

Jangan berhenti berusaha karena usaha tidak akan membohongi hasil.

Ulah waka sombong lamun acan bisa balap motor bari dikonci satang mah.

Jangan sombong kalau belum bisa balap motor sambil dikunci stang

Jaman ayeuna mah ulah percaya kitu wae kana foto profil di media sosial, loba bohongna. Ngan foto KTP nu paling jujur salila ieu.

Zaman sekarang jangan percaya gitu sama foto profil di media sosial, banyak boongnya. Cuma foto KTP yang paling jujur selama ini

Tadinya ek mandi, pas ngaca eh manis keneh, ah tamas we.

Tadinya mau mandi, pas ngaca eh masih manis, ya udah cuci muka saja

Ari maneh jelema atawa kalkulator? Meni henteu menang salah.

 Kamu itu orang atau kalkulator? Sampe gak boleh salah.

Itulah beberapa kumpulan kata kata bijak sunda singkat penuh makna mulai dari motivasi kehidupan hingga kata-kata lucu sebagai pembangkit mood dikala suntuk. Kata bijak Bahasa Sunda memang tengah diminati oleh banyak orang saat ini. Bahkan kalian bisa gunakan sebagai caption foto dan status di media sosial.