Kumpulan Kata Kata Mutiara Untuk Hari Guru Tercinta Dalam Mengajar

Kata Mutiara Shanks

Generasi muda adalah kunci untuk kemajuan bangsa. Jadi, bisa disimpulkan seperti apa tingkah laku para kawula muda juga akan berakibat pada negaranya di masa yang akan datang. Ya, pendidikan karakter menempati posisi yang cukup penting dalam hal ini. Sebab berawal dari situlah mental pemimpin akan dibentuk. Maka dari itu sangat perlu penerapan pola asuh yang akurat kepada buah hati.

Mendidik anak sebenarnya bisa dilakukan dengan berbagai cara. Namun langkah formal dengan menyekolahkannya adalah hal yang paling umum. Anak tidak hanya dibekali ilmu agar ia mampu memperjuangkan masa depannya, tapi juga diarahkan untuk bersikap sopan dan sesuai dengan tata krama yang berlaku dilingkungan masyarakat. Kata mutiara guru setidaknya mengambarkan kerja keras seseorang yang berperan dalam kesuksesan bibit ibu pertiwi ini.

kata mutiara guru

Seorang guru bahkan rela mengesampingkan kepentinganya demi bisa merampungkan tugasnya menjadi abdi negara. Jasanya memang luar biasa, dengan gaji yang terkadang tidak seberapa, ia ikhlas mengerahkan waktu dan tenaganya untuk berjumpa dan memberi pengetahuan putra-putrinya di sekolah. Kata mutiara guru untuk siswa memang tak ubahnya untaian kalimat biasa. Tapi pernahkah anda berpikir bahwa ada pesan yang tersirat dibaliknya?. Tentang kesabaran, kegigihan, dan jiwa ulet sehingga mereka bisa dengan gampang bersosialisasi dengan murid-muridnya.

Kata Mutiara Bijak Untuk Guru Dalam Mengajar


“Guru yang baik itu mengajarkan dari hari, bukan dari buku.”

“Guru yang baik itu mengajar menyentuh kehidupan selama-lamanya.”

“Guru yang baik itu memberi sesuatu yang bisa dipikirkan di rumah selain PR.”

“Seorang guru itu adalah orang yang menginspirasi bahwa selalu ada bebatuan di jalan yang menghadang dan bagaimana memanfaatkan batu tersebut.”

“Pengajaran yang baik itu hakikatnya adalah memberikan pertanyaan yang benar lebih daripada memberikan jawaban yang benar.”

“Tugas pendidik modern bukanlah menebang hutan, tetapi mengairi gurun.”

“Seorang guru itu adalah orang yang mengajar untuk menciptakan semua profesi.”

“Seorang guru itu adalah orang mengajarkan kemudahan bukan itu menjelaskan kerumitan”

“Guru yang baik itu membuat siswa bodoh menjadi cerdas dan membuat siswa cerdas menjadi lebih cerdas.”

“Guru biasa memberitahukan, Guru baik menjelaskan, Guru ulung memeragakan, Guru hebat mengilhami.”

“Mengajar berarti belajar lagi.”

“Guru yang baik tidak pernah bilang muridnya bodoh; tapi guru yang baik selalu bilang, ‘Muridku belum bisa’.”

“Guru yang baik itu ibarat lilin – membakar dirinya sendiri demi menerangi orang lain.”

“Guru yang baik itu mahal, tapi guru yang buruk itu lebih mahal.”

“Guru yang baik itu menganjurkan dan menginspirasi siswa dengan harapan bisa mengajarkan dirinya sendiri. Bukan men-dogma-kan.”

“Guru yang baik itu seorang master penyederhanaan dan musuh kesederhanaan.”

“Tujuan mengajar adalah agar siswa bisa terus berkarya tanpa seorang guru.”

“Kita bisa mengajar banyak hal; tapi jika seorang guru tidak bisa berbicara kepada sekumpulan siswa yang enak diajak bicara, ia tidak akan pernah menjadi guru yang kompeten.”

“Hanya satu di antara seribu orang yang bisa sukses tanpa bantuan guru.”

“Guru yang baik itu tidak pernah mengeluh”

“Orang yang belajar sendiri biasanya memiliki guru dan siswa yang buruk.”

“Menggandeng tangan, Membuka pikiran, Menyentuh hati, Membentuk masa depan, Seorang Guru berpengaruh selamanya, Dia tidak pernah tahu kapan pengaruhnya berakhir.”

“Teknologi hanya sebuah alat. Dalam hal membuat siswa bekerja sama dan menjadikan mereka termotivasi, gurulah yang paling utama.”

“Dengan belajar kau bisa mengajar, dengan mengajar kau bisa paham.”

“Orang yang mendidik anak-anak itu lebih dihormati daripada orangtua; jika orang tua hanya memberikan nafkah hidup, maka pendidik memberikan seni kehidupan dengan baik.”

“Tanda terbesar kesuksesan seorang guru adalah ia bisa mengatakan, ‘Anak-anak sekarang bisa bekerja sendiri seolah-olah saya sudah tidak ada.”

“Seorang guru itu adalah orang yang membuat dirinya sendiri semakin tidak berguna.”

“Seorang guru itu adalah orang yang berusaha mengajarkan dan menginspirasi siswanya dengan keinginan untuk belajar.”

“Seorang guru yang berusaha mengajarkan tanpa menginspirasi muridnya dengan keinginan untuk belajar adalah seperti memalu besi dingin.”

“Jangan mencoba untuk memperbaiki murid atau siswa kita, perbaiki diri kita sendiri terlebih dahulu. Guru yang baik membuat murid yang jahat menjadi baik dan menjadikan murid yang baik menjadi unggul. Ketika murid-murid kita gagal, berarti kita juga telah gagal menjadi seorang guru.”

“Seorang guru itu adalah orang yang berani mengajar dengan tidak berhenti belajar.”

“Seorang guru itu adalah orang yang belajar dua kali.”

“Seorang guru itu adalah orang yang mempengaruhi keabadian serta tidak pernah bisa mengungkapkan dimana pengaruhnya berhenti.”

“Seorang guru itu adalah orang yang menyentuh masa depan”

“Seorang guru itu adalah orang yang penuh dengan ide-ide sebagai ganti dari fakta-fakta.”

“Mengajar itu bermakna belajar lebih dari dua kali.”

“Rata-rata guru menjelaskan kerumitan; guru yang berbakat mengajarkan kemudahan.”

“Guru yang baik itu sangat bijaksana dan tahu hari esok pada mata anak-anak didiknya.”

Pahlawan tanpa tanda jasa. Ya, slogan ini erat sekali dengan kiprah mereka sebagai salah seorang yang piawai memberi pengarahan maupun nasihat saat anak didiknya melakukan kesalahan. Kerap dirindukan saat cikal bakal yang akan mengharumkan nama bumi pertiwi itu sukses lulus dan meraih gelar yang membanggakan bagi tempatnya menimba ilmu dan keluarga. Support dan doa tiada terhenti seolah terlihat dari kata mutiara guru yang anda temui dimana pun.

Baca Juga :

Impian seperti apapun tidak akan mungkin terwujud tanpa sepak terjang guru yang mengenalkan abjad, panduan membaca, hingga terobosan baru menjelajahi cakrawala dunia yang luas. Ada tangis dan permohonan yang tidak sempat mereka ucapkan. Namun hal ini sudah dipahami setiap muridnya. Dalam konteks yang lebih jauh, kata mutiara untuk hari guru bahkan memotivasi orang lain untuk mengikuti jejaknya.

Bagaimana? Terinspirasi dan ingin mengaplikasikan hal serupa? Lakukan tanpa harus menimbang materi yang akan didapat.

Tags :,kata kata untuk guru,kata mutiara untuk guru,kata kata mutiara untuk guru,kata kata mutiara untuk guru tercinta,kata kata tentang guru,

You Might Also Like

Most popular articles related to Kumpulan Kata Kata Mutiara Untuk Hari Guru Tercinta Dalam Mengajar